Plagiarisme

Jurnal Proksima tidak menyetujui aksi plagiarisme sehingga artikel yang teridentifikasi akan ditindak sesuai kebijakan yang ada di jurnal ini.

Definisi:

Plagiarisme mencakup penggunaan atau mengimitasi bahasa dan hasil pikiran penulis lain dan menjadikannya/mengakuinya sebagai hasil karyanya sendiri.

 Kebijakan:

Artikel harus orisinal, belum pernah dipublikasi, tidak dalam proses publikasi di penerbit lain. Setiap bahan yang diambil kata demi kata dari sumber lain diidentifikasi secara jelas sehingga berbeda dari teks asli dengan (1) indentasi, (2) penggunaan tanda kutip, dan (3) identifikasi sumber.

Setiap teks dengan jumlah yang melebihi standar penggunaan wajar (lebih dari dua atau tiga kalimat atau yang setara dengannya) atau materi grafis apa pun yang direproduksi dari sumber lain memerlukan izin dari pemegang hak cipta dan, jika memungkinkan, penulis asli dan juga memerlukan identifikasi sumber; misalnya, publikasi sebelumnya.

Pengecekan plagiarisme berdasarkan indeks kesamaan menggunakan Turnitin. Nilai kemiripan maksimum yang diperbolehkan adalah 25%. Jika nilai kesamaan lebih besar dari 25%, penulis diminta untuk memparafrasekan. Jika penulis tidak dapat mengurangi nilai kemiripan, maka makalah akan ditolak.